Get Do !
And I Think You Can Do..

Musik Indonesia Era 2005-2009

Labels:


Sebenarnya saya dan mungkin anda adalah penggemar musik tanah air, baik dari jenis musik Klasik, Rock, Pop, Reggae, Blues, Hip Hop, Lagu Daerah, Dangdut, dan lainnya. Padahal di era sebelumnya sungguh banyak sekali pilihan yang di suguhkan bagi para penggemar musik tanah air. Namun setelah era 2004 keatas, rasanya pilihan ini semakin sempit.

Sungguh sangat mengherankan pertumbuhan dan perkembangan musik di jaman ini, boleh dikatakan memiliki gaya dan jenis lirik yang sama sekali tidak jauh beda antara satu sama lainnya, baik dari segi vokal, musik, dan stylenya.

Apakah kemajemukan ini didasari pada melesu nya pasar musik tanah Air? sehingga para musisi perlahan lahan telah merubah konsep musik yang dimilikinya, meskipun itu bertentangan dengan jati diri si pemusik tersebut.

Sungguh Ironi, sedangkan pada kenyataannya musik itu merupakan bagian dari Seni, yang satu sama lainnya tidak mesti sama. Jika mesti sama, maka akan terlihatlah sesuatu seni itu menjadi sesuatu yang dipaksakan.

Konsep yang unik tentang percintaan ataupun perselingkuhan dan terkesan terlalu melebihkan sengaja diangkat guna memperoleh rating penjualan, memang di suatu sesi hal ini menarik bagi kalangan tertentu. Namun bagi kalangan lainnya yang mendambakan keaslian sebuah seni musik justru akan kehilangan harapan untuk menggemari bentuk Musik yang ada di jaman ini, dan perlahan-lahan akan beralih dan melupakannya.

Disini saya mencoba untuk mengkritik sedikit tentang Musik saat ini, boleh dikatakan dan saya simpulkan bahwa aliran musik saat ini sungguh terkesan "Sama Saja Satu Sama Lainnya Dan Tanpa Warna" seperti "Era Satu Musim" dan terkesan "Ikut - Ikutan Saja".

Ada harapan kedepan yang terus saya nantikan agar warna musik Tanah Air segera menjadi jelmaan dan sebuah karya cipta yang murni berakar dari hati si pemusik tersebut. Dan bukan berdasar tentang "Bentuk Musik Apa yang Terlaris Saat ini?" sungguh jika ini tetap di teruskan justru akan menunjukkan betapa pesimisnya kita dalam melahirkan sebuah karya besar yang mungkin akan menjadi Hit dalam jangka waktu yang panjang.

Maju Terus Musik Tanah Air !!..
Related Post


0 comments:

Posting Komentar